Mengenal Prinsip Dasar Etik Penilai Indonesia

Mengenal Prinsip Dasar Etik Penilai Indonesia

Dalam konteks penilaian properti, terdapat prinsip-prinsip etika yang menjadi pedoman bagi penilai. Prinsip-prinsip tersebut membantu memastikan bahwa proses penilaian dilakukan dengan integritas, profesionalisme, dan keadilan. Meskipun tidak ada satu otoritas yang mengatur secara khusus prinsip etika penilai di Indonesia, banyak penilai properti mengacu pada standar dan pedoman yang diterbitkan oleh Indonesian Society of Appraisers (MAPPI) atau Masyarakat Profesi Penilai Indonesia.

Penilai adalah profesi yang memiliki nilai dan norma moral sebagai pedoman untuk mengatur perilakunya secara profesional. Untuk itulah, Penilai memiliki Kode Etik Penilai Indonesia yang harus ditaati oleh Penilai. Terdapat lima prinsip etika yang harus ditaati oleh Penilai, apa saja?

1. Integritas

  • Penilai harus berintegritas, dalam artian memiliki kejujuran, dapat dipercaya, menjunjung tinggi kebenaran, dan juga harus bersikap adil.

2. Objektivitas

  • Penilai tidak diperkenankan memiliki kepentingan sehingga jasa yang diberikan oleh Penilai menjadi objektif, tidak memihak, dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan.

3. Kompetensi

  • Penilai harus memiliki kompetensi yang mumpuni serta up to date dengan perkembangan pengetahuan, keterampilan profesional, teknik penilaian, maupun peraturan dan perundang-undangan yang ada.

4. Kerahasiaan

  • Penilai yang wajib menjaga kerahasiaan informasi selama memberikan jasa penilaian. Ini berarti Penilai tidak mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak lain ataupun digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun pihak lain.

5. Perilaku profesional

  • Penilai memberikan jasa penilaian tentunya sesuai dengan yang telah disepakati dalam kontrak pekerjaan dan selalu mengacu pada SPI (Standar Penilaian Indonesia).

Prinsip-prinsip dasar etika penilai di Indonesia bertujuan untuk menciptakan standar tinggi dalam pelaksanaan tugas penilaian dan memastikan bahwa penilai bertindak secara profesional, adil, dan berintegritas. Hal ini juga merupakan landasan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap hasil penilaian dan profesi penilai secara keseluruhan.

how can we help you?

Contact us at the KJPP Dino Farid dan Rekan office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a Property Valuation and Consultancy?